Kamis, 20 Agustus 2009

Sentrifugal dan Senripetal

Berdasarkan faktor perkembangan dan pertumbuhan kota yang terbentuk secara kompleks ternyata terdapat gaya sentrifugal dan gaya sentripetal yang sangat mempengaruhi perkembangan kota itu sendiri terhadap daerah-daerah lain yang ada di sekitarnya. Menurut C.Corby (Yunus, 2002) di dalam kota terdapat gaya dinamis yang mempengaruhi pola penggunaan lahan kota, maka pola penggunaan lahan kota ini sendiri tidak bersifat statis. Secara garis besar, gaya tersebut, yaitu ;

1. Gaya sentrifugal (Centrifugal forces)
Gaya ini adalah gaya yang menyebabkan terjadinya pergerakan penduduk dan fungsi-fungsi perkotaan dari bagian dalam suatu kota menuju bagian luarnya.
2. Gaya sentripetal (Centripetal forces)
Gaya ini adalah gaya yang menyebabkan terjadinya pergerakan baik penduduk maupun fungsi-fungsi perkotaan yang berasal dari bagian luar menuju bagian dalam daerah perkotaan.


















Masih menurut Corby, gaya tersebut timbul karena adanya faktor pendorong dan penarik. Makin besar faktor pendorong maupun penariknya, maka makin besar pula gaya tersebut dan sebaliknya. Faktor pendorong adalah faktor-faktor yang terdapat di daerah asal pergerakan (place of origin), sedangkan faktor penarik adalah faktor-faktor yang terdapat di daerah tujuan pergerakan (place of destenation).
Secara garis besar terjadinya migrasi dikarenakan adanya dua faktor yaitu faktor penarik dan faktor pendorong (Alisjahbana, 2006). Faktor pendorong penduduk yang ada di luar kota untuk berduyun-duyun ke kota disebabkan fasilitas hidup dan pendidikan yang ada didaerahnya kurang memadai. Selain itu lapangan pekerjaan semakin hari semakin berkurang, kalaupun ada upah yang diperoleh tidak memadai. Bagi generasi muda saat ini sudah jarang yang mau bekerja di lapangan, karena diangggap kurang prospektif dan sama sekali tidak bergengsi. Mereka lebih memilih bekerja di sektor formal yang lebih menjanjikan, pekerjaan sektor formal tersebut adanya di kota sehingga mereka memilih migrasi ke kota.
Faktor penarik migrasi ke kota, salah satunya adalah faktor ekonomi. Kota menyediakan berbagai fasilitas dan kemudahan untuk mendapatkan uang dan status sosial. Berdasarkan pengalaman keluarga, tetangga, teman ataupun kenalan yang memberikan bukti bahwa lebih mudah mencari pekerjaan dan mendapatkan uang. Selain itu, sarana dan prasarana pendidikan dan rekreasi yang tersedia juga lebih banyak dan lengkap. Sementara media informasi dengan segala bentuk isi dan pesan yang memamerkan pola kehidupan modern kota semakin menarik orang untuk datang ke kota mengadu nasib.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar